Tips Memilih Makanan Utk Penderita Maag
Makanan Utk Penderita Maag : yg Dilarang dan yg Dianjurkan
Sakit maag atau radang lambung terjadi karena adanya asam lambung yg berlebih di dalam lambung.Asam lambung ini dikeluarkan oleh kelenjar di dinding lambung atas berbagai macam alasan,misalnya ketika kita lapar dan membayangkan atau memikirkan makanan serta ketika jenis makanan tertentu mengisi lambung kita.Selain asam lambung, ada pula mukosa pelindung dinding lambung yg turut berperan dalam penyakit maag.Beberapa makanan dapat membuat mukosa menjadi tipis sehingga asam lambung mudah menyerang dinding lambung kita.

Secara garis besar,makanan utk penderita maag yg sebaiknya dihindari adalah makanan atau minuman yang mengandung kafein,merica,makanan pedas dan makanan berlemak tinggi.Minumana atau makanan yang mengandung alkohol bisa juga memperparah gejala sakit maag.Dan tidak lupa,terakhir ada pula obat-obatan yg bila Anda minum akan menyebabkan sakit maag.

Minuman yg sebaiknya Anda hindari :

  1. Cokelat panas atau dingin
  2. Minuman kaleng bersoda
  3. Teh hitam, terutama yg pekat
  4. Kopi, baik kopi hitam atau kopi instan
  5. Minuman yang mengandung alkohol
  6. Jus jeruk atau jus yang mengandung asam yg tinggi
  7. Minuman yang mengandung mint

Makanan utk penderita maag yg sebaiknya Anda hindari :

  1. Makanan pedas
  2. Bawang putih mentah
  3. Bawang bombay mentah
  4. Makanan yg banyak mengandung merica
  5. Makanan yg digoreng
  6. Produk dengan kandungan susu yg tinggi seperti krim, keju dan yogurt
    Makanan dengan lemak tinggi seperti sosis bratwurst, ham dan kornet
  7. Produk tomat olahan seperti saus tomat, jus tomat atau bumbu sardine
    Makanan dengan kandungan gula yg tinggi
  8. Rokok

Selain minuman dan makanan di atas perlu diketahui bahwa beberapa obat dapat menyebabkan penyakit maag. Obat – obatan ini terutama akan mengurangi produksi mukosa dinding lambung yg bertugas melindungi dinding lambung dari asam lambung yg iritatif. Beberapa contoh obat tersebut ialah aspirin,obat penghilang nyeri seperti asam mefenamat,piroksikam,ibuprofen,natrium diklofenak dan indometasin.Hindari juga mengonsumsi jamu yg berlebihan terutama yg ditujukan utk mengurangi nyeri dan menambah stamina,karena biasanya jamu tersebut dioplos dengan obat yg menimbulkan efek samping perdarahan lambung.

Lalu apa saja makanan utk penderita maag yg sebaiknya dikonsumsi?Jawabannya ialah konsumsilah segala macam makanan sehat dari berbagai macam jenis makanan.Makanlah buah-buahan,sayuran,gandum dan usahakan mengonsumsi makanan bebas lemak atau bebas susu.Memilih beras merah ketimbang beras putih sebagai makanan pokok juga baik sebagai makanan utk penderita maag.

Utk soal protein,pilihlah daging bebas lemak.Misalnya pilihlah daging ayam bagian dada ketimbang daging ayam bagian paha yg berlemak.Pilih juga santapan daging sapi yg hanya mengandung daging saja dan hindari lemaknya. Alternatif lain ialah daging ikan,telur (jangan digoreng dengan terlalu banyak minyak,lebih baik lagi direbus) serta kacang-kacangan.Produk kacang kedelai seperti tahu dan tempe juga merupakn sumber protein yg baik.Utk asupan lemak, pilihlah minyak zaitun atau kanola dibandingkan minyak kelapa sawit.

Minuman yg sebaiknya Anda minum :

  • Air putih
  • Teh hijau tanpa krim
  • Teh hijau yg tidak terlalu pekat
  • Susu kedelai

Makanan utk penderita maag yg sebaiknya Anda pilih :

  • Buah-buahan seperti anggur, apel dan strawberry
  • Produk kacang kedelai seperti tahu dan tempe
  • Sayuran seperti brokoli, selada, bayam dan sayuran hijau lainnya
  • Beras merah
  • Makanan yg lunak seperti sup atau bubur
  • Daging tanpa lemak
  • Daging dada ayam

Selain memilah makanan utk penderita maag,hindari juga makan malam yg jamnya berdekatan dengan waktu tidur. Usahakan utk makan terakhir minimal 2 jam sebelum tidur.Ini juga berlaku bagi Anda yg mempunyai kebiasaan tidur siang.Makanlah juga makanan Anda dalam porsi kecil namun sering ketimbang dengan memakan porsi yg besar sekaligus dalam satu waktu.
Beberapa Obat Maag Herbal yg Dapat Anda Coba
Makanan utk penderita maag dapat menjadi usaha pertama Anda dalam mencegah terjadinya penyakit maag yg kambuh dan berulang.Namun,sebelum beralih ke obat-obatan medis,Anda pun dapat mencoba dahulu obat maag herbal di bawah ini utk mengobati serangan sakit maag Anda ataupun utk mengobati sakit maag parah Anda.

Kedelai
Siapkan 0, 5 kg biji kedelai yg telah disangrai (digoreng tanpa minyak).Setelah disangrai,tumbuk kedelai sampai halus.Bubuk kedelai ini ditambahkan segelas air panas. Minumlah ramuan ini selama 3 kali sehari rutin selama 2 minggu.

Temulawak
Sediakan 1 rimpang temulawak lalu cuci bersih. Setelah dicuci, temulawak diiris tipis – tipis lalu dianginkan atau dikeringkan sebentar.Rebus irisan temulawak dengan 5 – 7 gelas sampai mendidih.Tiriskan air rebusan,lalu disaring. Air rebusan diminum 1 gelas perhari sampai gejala penyakit maag menghilang.

Daun Salam
Siapkan 15 – 20 lembar daun salam,lalu masukkan ke dalam air 500 ml.Didihkan air bersama daun salam hingga mendidih. Boleh ditambahkan gula batu agar memberikan rasa manis pada ramuan daun salam.Minum ramuan ini setiap hari sampai rasa perih di lambung hilang.

Daun Jambu Biji
Utk membuat ramuan ini, Anda memerlukan 8 – 10 lembar daun jambu biji segar lalu cuci hingga bersih.Masukkan ke dalam 1, 5 liter air, lalu didihkan. Setelah mendidih,tiriskan ramuan dan saring daunnya.Cairan rebusan diminum setiap hari sebanyak 3 kali sehari.

Lihat Juga:Cara Mengobati Ambeien atau Wasir Secara Alami

Mempunyai sakit maag tidak berarti Anda harus selalu bergantung pada obat apotek.Cara paling baik utk mengontrol datangnya penyakit ini ialah dengan memilih makanan yg tepat.Makanan utk penderita maag yg udah diulas di atas terbukti dapat mengurangi serangan penyakit maag dari banyak penelitian kesehatan di luar negeri. Selain makanan utk penderita maag,obat maag herbal yg dipaparkan di atas juga mungkin dapat membantu meredakan gejala sakit maag Anda.

Bagikan Komentarmu