Tatapan Perang Putin-Obama Hiasi Pertemuan G20
HANGZHOU–Pertemuan Presiden Rusia dengan Amerika Serikat (AS) kadang menyuguhkan bebrapa momen unik yang terekam dalam jepretan kamera.Sebuah foto yg diambil pada Sidang Umum PBB tahun lalu contohnya, menampilkan momen canggung antara Vladimir Putin dan Barack Obama yang menjadi buah bibir netizen.

Kali ini, saat kedua pemimpin negara besar dan berpengaruh itu kembali bertemu di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hangzhou,China momen canggung itu hilang digantikan dengan momen yang memancarkan suasana tegang.Putin dan Obama diabadikan saat berjabat tangan dengan air muka dingin dan mata saling bertatap tajam.

rusia vs usa
Dilansir The Sun, Selasa (6/9/2016), suasana ini muncul setelah perundingan antara kedua negara mengenai proses perdamaian di Suriah yg telah berjalan selama beberapa pekan tanpa adanya kata sepakat.Di satu sisi Rusia tetap pada misinya mendukung Presiden Bashar Al Assad dan di sisi lain AS menginginkan diktator Suriah itu untuk dilengserkan.

Kedua pemimpin negara saling menatap dingin saat bertemu pada KTT G20 di Hangzhou, China. (Foto : AP)
obama-vs-putin-as
Suasana yg terabadikan dalam foto tersebut menjadi salah satu momen menarik dan mungkin yg terakhir dalam interaksi Putin dan Obama yang akan menyelesaikan dua masa jabatannya pada Januari tahun depan. Calon pengganti presiden kulit hitam pertama AS itu akan ditentukan pada pemilihan 8 November dengan dua calon kuat yg dijagokan, Donald Trump dan Hillary Clinton.

Baca Juga:Fakta dan Peristiwa (Sebenarnya) G30S/PKI

Meski belum bisa sejalan dan sepakat soal isu Suriah,kedua belah pihak setuju untuk tetap melanjutkan pembicaraan untuk menyentuh perdamaian di daerah yang dilanda perang itu.Dengan berlanjutnya negosiasi antara AS dan Rusia, semoga pada akhirnya solusi untuk mendamaikan Suriah dapat tercapai.

Bagikan Komentarmu