Kenapa Allah Merahasiakan Kematian Manusia? Ternyata Inilah Alasannya

Kematian merupakan satu hal yg tidak bisa ditolak oleh siapapun, dan pada kesempatan ini akan bersama-sama kita bahas hingga menemui titik terang kenapa Allah tidak memberitahukan kita mengenai waktu kematian kita yg juga pasti akan tiba suatu saat nanti. Sesungguhnya Allah selalu mempunyai alasan akan segala sesuatu, begitu juga dengan alasan mengapa Ia lebih memilih utk merahasiakan kematian dari manusia yg tidak mengetahui apapun.

Kenapa Allah Merahasiakan Kematian Manusia? Ternyata Inilah Alasannya

Kenapa Allah Merahasiakan Kematian Manusia? Ternyata Inilah Alasannya
Tidak sedikit dari kita yg ingin tahu kapan ajal akan tiba menjemput diri ini. Beberapa berharap karena mereka sudah putus harapan akan hidup, dan beberapa ingin mengetahui hal tersebut agar mereka tidak terlambat utk meminta pertaubatan dari Allah SWT akan segala perbuatan buruk yg dahulu pernah mereka perbuat. Meskipun manusia-manusia tersebut telah memanjatkan doa tanpa henti dan bahkan mendatangi ahli supranatural utk menggunakan sihir pada mereka, tidak ada yg pernah bisa mengetahui kapan ajal akan menjemput dan mengembalikan mereka ke sisi Allah SWT.

Maha besar Allah SWT yg mengetahui segalanya, ternyata ada alasan dibalik perahasiaan kematian oleh Allah SWT agar tidak bisa dilihat oleh mata manusia biasa. Allah SWT sudah maha mengetahui apa yang akan terjadi bahkan jauh sebelum hal tersebut terjadi, seperti apa yg ditakutkan bisa terhindarkan. Adapun alasan mengapa Allah SWT menyembunyikan tentang kematian kepada umat manusia yang menjadi umatnya adalah sebagai berikut :

• Agar manusia bisa menjadi makhluk yg cerdas

Cerdas tidak sama dengan pintar. Orang-orang yg pintar biasanya mempunyai kemampuan lebih dan mempunyai angka atau nilai yg lebih hebat ketimbang orang-orang lain, sementara orang yg cerdas biasanya mengetahui apa yg akan mereka lakukan beberapa langkah ke depan. Nah, ini alasan mengapa kematian dirahasiakan oleh Allah SWT. Allah SWT berharap umatNya bisa menjadi orang yg cerdas dan tahu bahwa hidup di dunia bukanlah hal yg selamanya dan ajal bisa datang kapan saja sehingga mereka bisa berbuat baik demi mengejar hidup kekal di surga karena jika mereka berlumuran dosa yg amat banyak maka mereka akan terpaksa dicuci dulu di neraka yg penuh dengan api panas.

• Supaya manusia tidak menunda-nunda menunaikkan amal
Dengan membuat kematian jadi sesuatu yg tidak diketahui oleh manusia, maka akan terlihat rasa manusia utk dikejar-kejar olehnya. Karena itu, mereka akan bersegera menunaikan amalan baik karena takut ajal akan mendahului mereka.

• Menjadi rem saat manusia ingin melakukan perbuatan-perbuatan maksiat
Jika kematian bukan jadi rahasia Allah, ada kemungkinan besar manusia tidak takut utk melakukan hal-hal yg berbau maksiat, karena mereka bisa mengukur kapan harus melakukan taubat sehingga seluruh dosa-dosanya luntur dan mereka dimaafkan oleh Allah SWT.

• Sebagai alasan supaya manusia tidak hanya mencintai dunia tempat mereka tinggal
Kematian dijadikan rahasia oleh Allah SWT agar manusia tidak terpaku pada keindahan dunia, agar mereka menyadari bahwa kematian akan datang tiba-tiba dan mereka tidak bisa melakukan apa-apa utk mencegahnya, dan akan berusaha utk menyeimbangkan dunia dan akhirat mereka.

Melihat hal tersebut, kelihatannya pantas bagi Allah utk menyembunyikan semua fakta yg ada mengenai kematian, dan ada baiknya kita kini tidak lagi bingung karena semua ini alasan mengapa kematian dirahasiakan oleh Allah SWT.

Bagikan Komentarmu