Mulai 1 April, Pembuatan E-KTP Bisa Dilakukan di Luar Domisili
Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh menuturkan, pihaknya tengah gencar menyosialisasikan agar per 1 April 2016, rekam cetak atau pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dapat dilakukan di luar domisili.

Ketentuan tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 8 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri No 9 Tahun 2011 tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis No Induk Kependudukan Secara Nasional.

” Bantu kami, 1 April seharusnya bisa berjalan utk rekam buat (e-KTP) di luar domisili tanpa mengubah elemen, ” ujar Zudan di Kantor Ditjen Dukcapil, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin 28 Maret 2016.

Zudan menambahkan, sosialisasi terus digencarkan dari pihak Kemendagri. Salah satunya adalah pertemuan dengan Kepala Dinas Dukcapil di Palembang pada Selasa besok.

Dengan berlakunya peraturan ini, orang-orang yg merantau tak perlu kembali ke daerah domisili utk membuat e-KTP.

Ia pun menekankan, tiada biaya utk pembuatan e-KTP, termasuk retribusi, yg sudah resmi dihapus oleh pemerintah. ” Pelayanan ini gratis, jangan mau dimintai bayaran. Ini dijamin oleh negara, ” tuturnya.

Sekarang, dia melanjutkan, masih ada  daerah yg menerbitkan KTP non-elektronik. Padahal, sejak 1 Januari 2015, penerbitan KTP non-elektronik sudah dilarang.

Lihat Juga:Inilah Alasan Sebenarnya Mengapa China Mau Rebut Natuna dari Indonesia

Ia mengimbau agar masyarakat yg belum mempunyai e-KTP segera mengurus hal tersebut . ” 1 tahun ini, segera selesaikan perekamannya, ” kata Zudan.

Bagikan Komentarmu