Manfaat dan Bahaya meminum kopi
Kopi,minuman ini sering djadikan teman utk menemani saat santai maupun saat beraktivitas khususnya di malam hari.kopi meupakan olahan dari biji kopi yg telah melalui beberapa proses mulai dari pemetikan,pengupasan, penjemuran hingga pengongsengan dan pada akhirnya dapat diseduh utk dinikmati.

khasiat kopi yg paling umum yaitu utk menambah energi,kopi mengandung kafein sekitar 1-15%. Kafein merupakan senyawa kimia Alkaloid dengan rumus molekul C8H10N4O2 yg dikenal sebagai trimelstisatin, salah satu fungsi dari kafein utk mencegah ngantuk

dalam dosis rendah kafein menekan fungsi adenosin yang merupakan senyawa yg terdapat didalam sel otak. senyawa ini yg menyebabkan perasaan ngantuk pada otak, kafein memunculkan perasaan segar dan meningkatkan detak jantung akibat naiknya tekanan darah. sebab itu, kopi dapat meningkatkan stamina dan tepat dikonsumsi diwaktu bekerja malam atau lembur. utk lebih spesipik berikut beberapa manfaat dari kopi

1. Mencegah kanker
Kopi dapat mengurangi resiko dari beberapa jenis kanker seperti kanker kolotekral (Kanker Hati) dan kanker usus besar. berdasarkan penelitian yg dilakukan di Boston Amerika serikat oleh Dana Farber Cancer Institut,kandungan kafein yg dominan di dalam kopi dapat memangkas peradangan dalam usus besar yang merupakan jikal bakal sel kanker usus.dipenelitian ini juga terungkap fakta bahwa dengan mengonsumsi 460 milligram kafein dalam kopi menurunkan resiko kanker usus hingga 42%.

2. Mencegah diabetes
Selain kafein,kopi juga mengandung zat asam klorogenat yg membantu peningkatan insulin dalam tubuh.insulin membuat penyerapan gula terhambat sehingga mencegah resiko diabetes tipe 2.

3. Mengurangi resiko alzhemer
Penyakit ini biasanya menyerang lansia berumur 60 atau 65 tahun keatas,efek yg ditimbulkan penyakit ini adalah penurunan daya ingat hingga gangguan otak dalam melakukan penalaran,persepsi,dan gangguan berbicara. dengan mengkosumsi kopi di ketahui dapat mengurangi resiko penyakit ini hingga 65 %.

4. Mengurangi depresi
depresi adalah hilangnya gairah hidup akibat sesuatu hal yg menyebabkan kita merasa putus asa kehilangan motivasi utk melakukan aktivitas,sedih yg berkepanjangan dan cernderung menyalahkan diri sendiri bahkan bisa berujung pada bunuh diri.kemampuan kafein dalam memacu andernalin dagan mempercepat aliran darah dapat menanggulangi gejala saraf sters sehingga dapat mengurangi depresi.

Selain utk kesehatan,kopi juga banya di manfaatkan utk perawatan badan seprerti diet,perawatan kulit, memperhalus wajah dan banyak sekali manfaat lainnya.Namun,dari sekian banyak manfaat kopi,tentunya mengkonsumsi kopi secara berlebihan juga tidak baik. bahkan berakibat fatal bagi kesehatan.

umumnya mengonsumsi kopi berlebih menyebabkan penyakit kebalikan dari manfaat dari kesehaatan yg di bawanya seperti serangan jantung, tekan darah tinggi (hipertensi),diamping itu kafein yg berlebih menybabkan gangguan pada kinerja ginjal.seperti yg terungkap pada sebuah studi internasional pad tahun 2002 mengonsumsi kopi jangka panjang dapat menyabkan gagal ginjal kronis, kafein adalah penyebab pembentukan batu ginjal yg meningkatkan kalsium eksresi dalm urin.

Baca Juga: Bahaya Pemakaian Kawat Gigi Yg Sebaiknya Anda Ketahui


Kopi mempunyai banyak manfaat jika di konsumsi,namun harus dengan takaeran yg sesuai jika tidak,kopi bisa sangat berbahaya bagi anda.

Bagikan Komentarmu