Jenis Jenis dan Kisaran Harga Landak Mini

328

Jenis Jenis dan Kisaran Harga Landak Mini
Landak mini atau yg lebih akrab kita sebut landak hias mempunyai banyak jenis, terdapat jenis landak albino sebagai landak mini berwarna putih, ada juga jenis landak Algerian, Atelerix Albiventris, Erinaceus amurensis, hemiechinus auritus, dan masih banyak lagi jenis lainnya. Landak termasuk dalam marga binatang nocturnal, artinya binatang ini lebih aktif di malam hari ketimbang dengan siang hari.

Umur dari landak mini terbilang lumayang panjang, berkisar antara 5 – 6 tahun tergantung dari perawatannya. Binatang jenis ini umumnya hanya bermanfaat sebagai binatang peliharaan, akan tetapi binatang jenis ini bisa bisa diternakkan. Sebagian besar orang memilih landak mini menjadi binatang peliharaan karena bentuknya yg kecil dan menggemaskan serta bulu yang dimiliki tidak berbahaya layaknya landak umumnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis landak dengan kisaran harganya di pasaran yg bisa digunakan sebagai refrensi.

landak-mini lucu

Jenis White Albino
Di alam liar landak jenis ini biasanya sangat rentan diserang predator, hal tersebut disebabkan karena kurangnya kamuflase. Beberapa ciri-ciri ini memudahkan utk mengenali landak mini jenis white albino adalah diantaranya.

Duri yg dimiliki landak jenis ini berwarna putih susu, tiada warna lain. Muka dan bulu bagian bawah landak jenis ini bisa berwarna putih. Sedangkan kulit yg dimiliki berwarna merah muda dengan mata berwarna merah. Sedangkan hidungnya berwana sama dengan kulit yg dimilikinya yakni warna merah muda juga. Kisaran harganya beragam mulai dari 150 – 500 ribu per ekornya

Jenis Salt & Paper
Berikut ini beberapa ciri-ciri yg membedakannya dengan jenis landak mini lainnya adalah durinya yg berwarna putih dibalut dengan warna hitam. Mukanya yg putih dengan warna hitam pada hidung dan telinganya. Bulu pada bagian bawah tubuhnya berwarna putih, sedangkan utk warna kulit yg dimiliki di bagian atas tubuhnya berwarna hitam dengan mata berwarna hitam pula. Kisaran harganya hampir sama dengan landak jenis White Albino mulai dari 150 – 500 ribu per ekornya.

Jenis Pinto
Yg sangat mudah utk membedakan landak mini jenis ini dengan yg lain sebenarnya lebih kearah corak warna saja, tetapi bukan warna baru pada landak mini. Corak landak mini jenis Pinto ini dapat terlihat dari adanya kekurangan warna pada durinya dan pada kulit dibalik durinya. Sehingga landak jenis Pinto ini terlihat seperti mempunyai bercak-bercak putih diluar, utk warna durinya hamper sama dengan landak mini jenis Salt & Paper Kisaran harganya beraneka mulai dari 150 – 300 ribu per ekornya.

Jenis Cinnicot
Warna yg dimiliki landak jenis ini terbilang unik, warnanya yg seperti karat sehingga tidak heran jika sebagian orang menyebut landak ini sebagai landak versi berkarat dari landak Cinnamon. Nama “cinnicot” sendiri ialah gabungan antara jenis landak “Cinnamon” dan “Appricot” karena landak jenis ini adalah hasil persilangan dari kedua jenis landak barusan.

Jenis Appricot
Landak mini jenis ini memiliki warna putih pada bagian perutnya, sedangkan mukanya tidak memiliki warna dominan. Yg bisa menarik perhatian adalah warna durinya yg orange cerah dengan sedikit campuran krem serta mata berwarna merah ruby. Sementara hidungnya berwarna merah muda, inilah yg membuat landak jenis ini banyak disenangi.

Jenis Cinnamon
Warna yg ada dimiliki landak jenis ini adalah warna krem dari Salt & Paper biasanya mempunyai duri berwarna coklat muda (pucat). Perut bagian bawah berwarna putih dengan kulit berwana merah muda, sedangkan pada mukanya tidak terdapat warna dominan. Namun warnanya yg berwarna solid putih tidak lebih dari 5%, utk matanya berwana merah ruby sementara hidung biasanya coklat hati.
Jenis Charoal (Snowflake Gray)
Antara 30% hingga 70% durinya berwarna putih solid, sementara sisanya berwarna putih berbalut hitam pada ujungnya. Muka, hidung dan matanya berwarna hitam, serta pada pundaknya berwarna abu-abu.

Jenis Platinum
Jika anda ingin mempunyai landak mini jenis ini, maka anda harus sabar mencari informasi terkait binatang jenis ini. Karena landak mini jenis Platinum ini terbilang jenis langka, dengan ciri khas yg ada biasanya terdapat pada durinya yg berwarna putih. Pada bagian kulit, hidung serta telinganya berwarna agak gelap dengan berwarna coklat.

Jenis Oak Brown
Dengan muka berwarna merah muda dengan mata yg terdapat lingkaran disekitar sisi luar mata berwarna biru muda. Warna utk landak jenis ini adalah duri putih berbalut coklat muda seperti warna kayu pohon oak, namun mukanya lebih cenderung gelap dengan raut muka yg bagus.

Itulah tadi beberapa jenis dan ragam dari landak mini yg banyak kita kenal, karena semakin pintar seseorang yg mengembang biakkan landak mini ini, maka jenis dan ragamnya juga akan bertambah. Entah itu corak, jenis bulu atau semacamnya. Utk harganya semua jenis ini hampir sama yakni kisaran 150 ribu hingga 600 ribu per ekor tergantung jenis kelaminnya, utk satu pasang biasanya dihargai sekitar 600 ribu hingga 1. 200. 000 rupiah. Utk landak dewasa kisaran harganya antara 300 ribu hingga 600 ribu.